SMP TQT MADINATUL QURAN DEPOK

_

SMP TQT MADINATUL QURAN

Yayasan Madinatul Qur’an mengembangkan ikhtiarnya dengan mendirikan sekolah formal tingkat pendidikan dasar menengah terpadu, yang berafiliasi ke Pendidikan Nasional (diknas). Maka, tepatnya pada juli 2010, didirikan SMP TQT Madinatul Quran. Bertepatan dengan pendirian sekolah ini, dibuka pula kampus madinah, yang berlokasi di Jl. Al-Hidayah No.20 RT05/02 Kelurahan Jatimulya Kecamatan Cilodong Kota Depok Jawa Barat. Konsepnya adalah pesantren-sekolah, dimana para peserta didik bermukin didalam asrama, mempelajari ilmu-ilmu agama dan kepesantrenan, serta ditambah pelajaran umum.

SMP TQT Madinatul Quran ini berbeda dengan sekolah formal pada umumnya. Perbedaan mendasar terlihat pada struktur kurikulum yang digunakan. SMP TQT Madinatul Quran mengadopsi sebagian kurikulum diknas (40%) dan sebagian lainnya kurikulum kepesantrenan (60%). Kurikulum diknas yang dipelajari hanya materi-materi yang diujikan pada UN, seperti: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Ditambah pula materi TIK sebagai kelengkapan dari materi IT. Sementara kepesantrenan yang dipelajari, antara lain : Tauhid, Tafsir, Hadits, Fiqih, Tarikh (Sejarah Islam), Mahfudhat, Bahasa Arab, Imla’ dan Tahsin Alquran.
_

Kurikulum Tahfizh

_

     

      Orientasi pembelajaran santri di Madinatul Quran difokuskan pada Tahfizh Alquran. Diluar pembelajaran kelas, para santri wajib menghafalkan Alquran dengan target capaian yang sudah ditentukan oleh Tim Tahfizh Alquran. Selama 3 Tahun belajar di SMP TQT Madinatul Quran, santri wajib hafal 15 juz, yang terbagi ke dalam target semester, sebagaimana berikut :